keuntungan lahan sempit

Keuntungan meningkat dengan memanfaatkan lahan sempit, Menakjubkan!

Keuntungan Menanam di Lahan Sempit.

Sobat Biops mempunyai lahan yang sempit? Bingung ingin menanam apa agar lebih produktif? atau bingung bagaimana cara menanam tumbuhan dengan tepat?. Sepertinya hal tersebut juga dialami oleh beberapa orang, termasuk kita yang ingin berkebun di rumah.

Hal utama yang harus kita miliki adalah niat  untuk berkebun. Beberapa hal lain pun perlu diperhatikan karena metode dan jenis tanaman yang benar mempengaruhi kesuksesan kita dalam bercocok tanam di lahan sempit. Tapi kenapa ya Sobat perlu bercocok tanam di lahan yang sempit? Yuk manfaatnya bercocok tanam di lahan sempit!

Keuntungan menanam sayuran di lahan sempit

Memiliki lahan yang sempit bukan menjadi masalah dalam bercocok tanam. Dengan lahan yang sempit pun jika dikelola dengan baik dapat menjadi lahan untuk bercocok tanam. Selain itu, memanfaatkan lahan sempit akan memberikan banyak keuntungan baik secara kesehatan dan pendapatan. Apa saja keuntungan menanam sayuran di lahan sempit ?

  1. Bermanfaat bagi kesehatan

Memanfaatkan lahan sempit untuk menanam sayuran menjadi bagian penting untuk mendukung ketahanan pangan. Hal ini karena kebutuhan pangan keluarga secara kualitas dan kuantitas dapat terpenuhi. Dengan menanam sayuran sendiri kita bisa mendapatkan makanan organik tanpa menggunakan pestisida ataupun zat kimia berbahaya lainnya. Sehingga sayuran tersebut dapat bermanfaat bagi kesehatan.

  1. Sebagai sumber pendapatan

Dengan hanya memanfaatkan lahan sempit di sekitar lingkungan rumah, kita sudah bisa menanam sayuran dan mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi. Selain bisa bermanfaat bagi kesehatan, menanam sayuran di sekitar lingkungan rumah juga bisa sebagai sumber pendapatan. Mengapa demikian? Karena masa panen sayuran bisa dikatakan cukup pendek. Sayuran juga merupakan kebutuhan dapur yang pasti ada disetiap rumah.  Dengan begitu banyaknya permintaan sayuran ini bisa dijadikan peluang usaha untuk menambah pendapatan.

  1. Ikut menerapkan teknologi di bidang pertanian

Terkadang ada saja kendala yang menjadi penghambat jika kita ingin memulai untuk bercocok tanam. Kendala tersebut antara lain, tidak memiliki lahan, tidak ada waktu untuk menanam, tidak ada waktu untuk menyiram dan merawatnya. Dengan menggunakan teknologi, kendala tersebut dapat diatasi. Di Indonesia sudah banyak teknologi pertanian yang ditemukan. Contoh teknologi pertanian tersebut yaitu Encomotion. Sudah banyak lho petani yang menggunakan Encomotion ini, salah satunya yaitu petani asal Kampung Sukarasa, Lembang yang bernama Wilarto. Beliau memanfaatkan teknologi Encomotion ini untuk memudahkan dalam penyiraman secara otomatis. Sehingga beliau hanya mengontrol dan melakukan perawatan saja tanpa harus menyiram secara manual.

Itulah keuntungan yang bisa kita rasakan jika bercocok tanam di lahan yang sempit. Walaupun lahannya sempit jika dimanfaatkan dengan baik pasti akan ada hasilnya. Yuk mulai manfaatkan lahan sempitmu!

Lalu, tanaman apa yang cocok ditanam di lahan sempit dan bagaimana metodenya yang tepat? Tunggu artikel selanjutnya!

Baca juga: Luar biasa! begini cara tepat mengatasi lalat buah

 


 

Referensi : Belajar Berkebun – Tempat Belajar Berkebun Gratis

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.