Cara mengatasi lalat buah

Luar biasa! begini cara tepat mengatasi lalat buah

Cara mengatasi lalat buah.

BANDUNG, BIOPS Agrotekno —  Sebelumnya mungkin Sobat Biops sudah membaca tentang penyebab, ciri, dan dampak dari Lalat Buah. Kali ini kita akan membahas mengenai cara jitu mengatasi Lalat Buah. Ternyata ada berbagai macam cara yang bisa Sobat terapkan lho! Yuk simak apa saja cara mengatasinya.

Bagaimana cara mencegah serangan lalat buah?

Langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari serangan lalat buah yaitu menutupi aroma buah yang baru tumbuh dengan sesuatu yang memiliki bau menyengat. Nah, Sobat dapat menggunakan insektisida berbahan aktif dimetoat yang memiliki bau sangat kuat sehingga dapat mencegah terjadinya serangan lalat buah. Penyemprotan bahan aktif tersebut harus mengenai buah. Pada musim kemarau, penyemprotan dilakukan sebanyak 4 kali sehari sedangkan pada musim hujan, penyemprotan dilakukan sebanyak 2 hari sekali. 

Hasna Luthfiyah, Research and Development Manager PT BIOPS Agrotekno indonesia mengatakan bahwa terdapat beberapa langkah pencegahan lainnya yang dapat dilakukan dalam upaya menghindari serangan lalat buah diantaranya yaitu menghindari adanya tempat gelap pada lahan (dengan menggunakan greenhouse sebagai lahan budidaya, menggunakan mulsa plastik, atau menghindari shade pada tanaman), menghindari area lahan di tengah-tengah deretan pepohonan karena dapat menjadi habitat lalat buah, dan melakukan panen di waktu yang tepat serta membuang buah yang busuk karena lalat buah tertarik dgn fruit volatiles.

Mengatasi Lalat Buah dengan Metomil

Metomil? Apa sih itu Sobat? Metomil merupakan salah satu bahan aktif dari insektisida yang memiliki toksisitas sangat tinggi. Sehingga, metomil sangat efektif untuk membunuh lalat buah maupun telur yang sudah masuk kedalam buah. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu hanya dengan menyemprotkan metomil pada tanaman yang berbuah di pagi atau sore hari sesuai dengan dosisnya. Pada musim penghujan sebaiknya Sobat menambahkan pelekat agar bahan insektisida tidak mudah luntur oleh air hujan.

Mengatasi Lalat Buah dengan Perangkap Lalat Buah

Selama ini petani mengatasi lalat buah dengan melakukan pengasapan dan penyemprotan pestisida untuk membasmi hama lalat buah, termasuk beberapa bahan kimia yang dijelaskan di paragraf sebelumnya. Namun dengan penyemprotan tersebut bisa menurunkan kualitas buah dan tidak ramah bagi lingkungan, karena menggunakan pestisida berbahan kimia.

Ada cara yang mudah dan cukup sederhana untuk mengatasi hama lalat buah. Cara tersebut yaitu dengan membuat dan memasang perangkap lalat buah menggunakan botol bekas. Perangkap ini mudah dibuat dan juga murah. Cara membuatnya yaitu bagian tabung yang berbentuk kerucut dipotong, kemudian dipasang secara terbalik. Bagian mulut tabung dimasukan ke dalam tabung kemudian bagian sambungan direkatkan menggunakan lem atau selotip. Atraktan atau bahan perangkap dipasang pada kapas yang sudah dipilin. Kemudian diikat dengan kawat kecil, sehingga menggantung pada bagian tengah tabung perangkap. Atraktan diteteskan pada kapas sampai basah dan tidak menetes. Perangkap digantungkan pada cabang atau ranting tanaman di bagian tajuk pohon. Cukup mudah bukan?

Pemasangan perangkap ini dilakukan ketika tanaman sedang berbuah sampai menjelang panen. Pemberian atraktan diulang setiap satu bulan sekali. Dengan perangkap lalat buah ini, kualitas buah tetap segar dan tidak menurunkan hasil panen.

Mengatasi Lalat Buah Secara Alami

Selain dengan pengasapan, penyemprotan bahan kimia, atau penggunaan perangkap. Serangan dari lalat buah juga dapat dikendalikan dengan menggunakan bahan-bahan yang alami, mudah, dan sederhana lho sobat! Caranya dengan menggunakan menggunakan protein baits untuk menarik lalat buah betina. Kemudian cara lainnya dengan membungkus buah menggunakan plastik putih sehingga lalat buah tidak dapat meletakkan telurnya ke dalam buah. Lalu, kita juga dapat menggunakan campuran dari jeruk nipis serta daunnya, gula pasir, dan air yang dicampur dengan larutan EM4 untuk kemudian disemprotkan ke tanaman sehingga dapat mengendalikan serangan dari lalat buah. Nahh selain dari yang disebutkan di atas, melakukan sanitasi lahan serta menjaga lahan tetap bersih juga sangat penting untuk dilakukan. Hal ini menjadi penting karena larva yang ada di buah akan menjadi lalat buah yang baru sehingga sanitasi dan kebersihan lahan menjadi salah satu hal yang harus dilakukan dan dijaga untuk mengendalikan serangan hama lalat buah.

Cara yang kurang tepat dalam mengatasi lalat buah

Beberapa cara mengatasi lalat buah tidak semua dapat efektif. Tahukah sobat, ketika mengatasi lalat buah menggunakan insektisida dapat kurang efektif. Ini terjadi jika penggunaan insektisida tidak tepat dosis. Penggunaan insektisida dosis tinggi dapat menyebabkan toksisitas yang tinggi. Hal ini dapat berdampak buruk di kemudian hari.

Gimana Sobat Biops, sudah tahu bagaimana cara mengatasi lalat buah? mari kita coba dan perhatikan beberapa hal yang membuat pencegahan atau pembasmian hama tersebut agar lebih efektif. Sobat juga bisa sharing dan diskusikan mengenai topik ini bersama komunitas tani lainnya!

Baca juga : Hati hati! berikut penyebab, ciri, dan dampak lalat buah pada tanaman


Referensi :

Badan Litbang Pertanian

Horticulture

Kementrian Pertanian RI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *