Lalat Buah

Hati hati! berikut penyebab, ciri, dan dampak lalat buah pada tanaman

Dampak lalat buah pada tanaman sangat merugikan.

BANDUNG, BIOPS Agrotekno — Pernahkah Sobat melihat hewan kecil yang mengelilingi tanaman yang sudah mulai berbuah? Tanaman tersebut buahnya menjadi busuk dan menguning. Hewan kecil tersebut bernama lalat buah. Lalat buah (Bactoreca spp.) merupakan hama memberi dampak  merugikan dalam budidaya tanaman karena menjadi salah satu penyebab gagal panen.

Selain itu, buah yang gugur karena hama tersebut akan menjadi biak generasi selanjutnya, sehingga perlu segera dimusnahkan. Hama tersebut dapat hidup dan berkembang pada suhu 10 – 30°C dan telurnya pada suhu antara 25 – 30°C. Telur-telur tersebut dapat menetas dalam waktu yang relatif singkat yaitu 30-36 jam. Dampak lalat buah dimulai ketika menjadi belatung dan segera merusak buah. Perkembangan hama itu dipengaruhi oleh suhu, kelembaban dan ketersediaan inang. Bagaimana awal munculnya lalat buah ini? Yuk simak!

Penyebab munculnya lalat buah

Tahukah kamu, serangan hama lalat buah pada tanaman terjadi sangat agresif pada musim hujan? Mengapa demikian? Drosophila melanogaster atau lebih dikenal lalat buah ini sangat menyukai tempat dengan kelembaban yang tinggi untuk melakukan perkawinan. Hama tersebut menjadikan musim hujan sebagai musim kawin bagi mereka.

Perlu kamu ketahui bahwa hama tersebut tidak bisa menyuapi atau memberi makan keturunannya sendiri. Mereka akan menitipkan telur-telur pada berbagai macam buah tanaman, sehingga ketika telur-telur tersebut menetas sudah ada makanannya. Oleh karena itu, agar lalat buah tidak memasukkan telurnya ke dalam buah, perkawinan hama tersebut harus dihentikan sedini mungkin.

Ciri-ciri tanaman yang terkena lalat buah

Nah sobat, kita bisa tau lho apakah tanaman kita terserang hama lalat buah atau tidak. Cara mengetahuinya ialah dengan melihat gejala atau tanda yang disebabkan oleh lalat buah ketika menyerang tanaman. Biasanya gejala awal serangan lalat hama tersebut ditandai dengan noda/titik kecil hitam yang tidak terlalu jelas bekas tusukan ovipositor ketika lalat buah betina meletakkan telurnya ke dalam buah. Lalu akibat aktivitas hama di dalam buah tersebut menyebabkan buah banyak yang membusuk dan akhirnya buah yang terserang tersebut gugur atau jatuh ke tanah.

Dampak lalat buah terhadap tanaman

Taukah kamu, lalat buah sangat merugikan karena menyerang tanaman, terutama pada tanaman produksi. Hama seperti itu disebut sebagai hama langsung, karena bagian tanaman yang diserang adalah buah tanaman seperti pada buah jambu bangkok. Sedangkan di tanaman cabai dapat menyebabkan penyakit busuk dan kerontokan buah. Hal ini membuat produksi buah menurun dan kualitas hasil panen menjadi buruk. Ini dapat merugikan secara ekonomi.

Lalu, bagaimana cara mengatasi lalat buah? tunggu artikel berikutnya!

Baca juga : Bantu Petani dengan Irigasi Pintar


Referensi :

Kerusakan dan Kerugian Akibat Serangan Lalat Buah (Diptera: Tephritidae) pada Pertanaman Jeruk | Agrotrop : Journal on Agriculture Science (unud.ac.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published.