cara menanam asparagus

Begini Cara Lengkap Menanam Asparagus (part 1)

Begini Cara Menanam Asparagus

Seperti yang kita tahu asparagus adalah jenis sayuran yang dikonsumsi bagian batang muda atau tunasnya. Jenis yang paling banyak dikonsumsi adalah Asparagus putih dan Asparagus hijau. Target pasarnya biasanya adalah restoran dan hotel yang mewah dan biasanya banyak di ekspor ke luar negeri karena harganya lumayan mahal. Bagi Sobat BIOPS yang tertarik berikut ini adalah tahapan menanam aspragus.

  • Persiapan Bibit

Pembibitan pasa Asparagus bisa dengan cara vegetatif (kultur jaringan), secara generatif dari biji, atau dengan anakan dari tunas/stek. Tanaman ditanam secara tidak langsung (Indirect Seedling) melalui persemaian. Pada proses persiapan bibit terdapat 6 tahap yaitu sebagai berikut. 

  • Persemaian

Pada proses ini pemilihan lahan persemaian haruslah yang berdrainase baik (bukan lahan bekas tanaman asparagus, tanah yang gembur, subur, dan berpasir). Pada bedengannya dilakukan pengolahan tanah, pemberian pupuk dasar, dan Furadan 3G sebagai upaya pencegahan hama. Ukuran bedengan yaitu lebar 120 cm, tinggi 20-25 cm, lebar parit 40 cm, dan kedalaman 40 cm.

Sebelum disemai, benih direndam dalam air dingin dengan suhu 27 C selama 24-48 jam. Selama proses perendaman, air diganti 2-3 kali. Apabila terdapat biji yang mengambang,  maka biji tersebut perlu dibuang.

Kemudian lakukan penyemaian benih pada tanah  dengan jarak tanam 15 x 10 cm dan kedalaman 2,5 cm, dan  setiap satu lubang diisi oleh satu biji. Kemudian permukaan tanah tersebut ditutup jerami atau sekam kemudian disiram secukupnya. Sewaktu masih di persemaian setiap 20 – 30 hari dilakukan pemupukan susulan urea.

  • Seleksi dan Pencabutan benih

Transplanemindahan bibit dilakukan setelah 5 – 6 bulan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam transplanting diantaranya bibit yang akan dipindahkan adalah bibit yang sehat; bibit yang dicabut harus segera ditanam; dan sebelum penanaman akar dipotong, disisakan 20 cm, dan pucuk tanaman dipangkas hingga tinggi tanaman hanya ± 20 cm.

Pemindahan bibit (transplanting) dilakukan setelah 5-6 bulan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu bibit harus yang sehat; sebelum penanaman akar dipotong dengan sisa panjang 20 cm, dan pucuknya dipangkas hingga tinggi tanaman sekitar 20 cm; serta bibit tersebut yang memenuhi kriteria langsung segera di tanam.

  • Penanaman

Sebelum penanaman, lahan perlu dibajak dalam dan merata. Lakukan dengan pembuatan parit sedalam 15-20 cm. Pada tempat tanam, jarak antar tanaman sekitar 40-50 cm dan jarak antar baris 1,25-1,5. Setelah itu gunakan pupuk kandang pada awal tanam. Penanaman dilakukan pada  sekitar jam 9 pagi atau jam 4 sore.

Lanjut ke part 2 cara menanam asparagus

Penulis: Faisal

Sumber: Budidaya Asparagus (pertanian.go.id)

baca juga: Jebakan tikus berbahaya, apa solusinya

Leave a Reply

Your email address will not be published.