Solusi irigasi Pertanian

Solusi irigasi Pertanian dengan smart farming

Solusi irigasi Pertanian dengan smart farming

by: Faisal

Solusi irigasi pada pertanian memang beragam bergantung dari masalah yang dialami oleh masing-masing pelaku usaha tani. Berbagai masalah irigasi dan pekerja petani perlu diselesaikan dengan baik agar bisa memenuhi kebutuhan pasar dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Di era modern ini, salah satu solusi yang berkembang pesat adalah Smart Farming. 

“smart farming adalah sistem pertanian berbasis teknologi yang dapat membantu petani meningkatkan hasil panen secara kuantitas dan kualitas.”

Menurut Hasna Luthfiyah selaku Research and Development Manager BIOPS Agrotekno Indonesia

Baca juga: Apa itu smart farming?

Peran smart farming sangat bagus dalam membangun agribisnis. Tidak hanya hulu tapi juga hilir dan jasa penunjang untuk pertanian dan supply chain,”

ujar Mantan Menteri Pertanian Bungaran Saragih di Jakarta, Jumat 22 Oktober 2021.

Masalah pekerja petani dan irigasi perlu diselesaikan untuk membangun ekosistem agribisnis yang baik. Dari berbagai permasalahan tersebut BIOPS Agrotekno berusaha untuk membantu mengatasinya dengan mengembangkan solusi irigasi pintar dengan smart farming.

Perkenalkan SiRamot

Teknologi penyiraman yang dirancang dengan bentuk sederhana dan harga terjangkau. Adalah SiRamot (Siram Otomatis) yang bisa menyiram lahan otomatis sehingga lebih efisien dan efektif.

Manfaat SiRamot

SiRamot bisa dikombinasikan dengan drip irrigation atau sprinkler. Beberapa pengguna SiRamot merasakan manfaat waktu dan biaya yang lebih efisien dengan sistem penyiraman otomatis yang bisa diperintah melalui smartphone. SiRamot bisa memberikan jumlah air (dalam liter) secara tepat untuk tanaman sesuai dengan perhitungan kebutuhan air dari tanaman yang dimasukkan melalui aplikasi. Pengaturan penyiraman dengan SiRamot dapat digunakan pada area hingga >1 Ha.

Spesifikasi SiRamot

SiRamot memiliki diameter valve 1” atau ¾”, tenaga kerja < 1 MPa, dan tegangan kerja 5 VDC. Ada 2 fungsi utama dari SiRamot yaitu melakukan penyiraman secara otomatis sesuai pengaturan dan mengatur jumlah  air yang melewati SiRamot sesuai pengaturan. SiRamot bisa didapatkan dengan harga mulai dari 335.000 rupiah (tergantung hasil survey lapangan).

Sobat BIOPS bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada kami agar mendapatkan produk yang tepat guna dan tentunya ada garansi selama satu tahun lho.

Seperti itulah gambaran solusi untuk permasalahan pekerja petani dan irigasi pada petani. Menurut Bungaran Saragih, teknologi canggih hanyalah alat bukan tujuan. Pertanian bermacam-macam ada petani gurem, usaha menengah dan bermodal besar.

BIOPS Agrotekno terus menganalisa kebutuhan pertanian pada berbagai level sehingga bisa memberikan solusi yang tepat guna. Jadi, bagaimana menurut Sobat BIOPS? Apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk konsultasi gratis bersama kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published.