gambar melon untuk artikel

Lima Keuntungan Budidaya Melon

Lima Keuntungan Budidaya Melon

by: Faisal

Budidaya melon, apa aja sih lima keuntungannya? Sobat BIOPS sudah tahu kan tentang buah melon? Buah yang kaya vitamin dan menyegarkan karena banyak kandungan air.

Berdasarkan Data Kementrian Pertanian RI, produksi melon di Indonesia mencapai 92.432 ton dengan luas panen 5.879 hektar pada tahun 2017. Potensi yang cukup besar ini bisa Sobat manfaatkan loh dengan memulai belajar tentang bagaimana budidaya melon.

Dibalik tingkat produksi yang tinggi ada alasan kenapa beberapa petani di Indonesia memilih untuk menanam melon. Hal tersebut karena budidaya melon sangat menguntungkan. Memang apa sih keuntungannya dari komoditas ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Waktu panen relatif singkat

Tanaman melon berumur pendek dan dapat berbuah sepanjang tahun, sehingga buah melon disebut memiliki keunggulan komparatif. Ini cocok sekali untuk Sobat BIOPS sebagai pemula yang ingin bereksperimen dalam menanam komoditas buah.

Buah yang sangat bergizi

Buah melon termasuk buah yang kaya akan zat gizi karena mengandung vitamin A dan C. Selain itu, buah melon tidak mengandung lemak dan kolesterol, rendah kalori, rendah sodium, dan sebagai sumber potassium yang baik untuk kesehatan. Sehingga tidak heran buah yang lezat ini disukai oleh banyak orang.

Harga jual yang tinggi

Melon memiliki harga jual yang cukup tinggi, bahkan ketika produksi melon berlebih.  Ada banyak varietas melon yang dijual di pasaran, harga rata-rata per januari 2022 yaitu sekitar Rp.12.000 – Rp.40.000 per buahnya.

Permintaan pasar cukup tinggi

Buah melon sangat diminati pasar di Indonesia bahkan untuk ekspor. Sebagai contoh, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon sedang mendorong peningkatan jumlah produksi melon golden. Hal tersebut karena melon khas Kota Cilegon ini permintannya kian meningkat bahkan hingga mencapai 5 ton per pekan.

Bahan baku olahan makanan

Selain minat yang tinggi dari masyarakat untuk mengonsumsi buah melon secara langsung, buah ini juga bisa menjadi bahan olahan untuk makanan lain juga loh. Seperti selai untuk roti, bahan baku salad, dan jus buah melon segar yang pastinya digemari oleh banyak orang.

Jadi, apakah Sobat BIOPS tertarik untuk mencoba budidaya melon. Ada beberapa aspek yang perlu Sobat pertimbangkan seperti permodalan, proses budidaya, dan pemasaran. BIOPS Agrotekno sebagai pengembang irigasi pintar terus mendorong para petani melon untuk meningkatkan produktivitasnya sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar dan meningkatkan kesejahteraan petani di Indonesia.

Baca juga: Budidaya asparagus

Sumber:

https://www.pertanianku.com/keunggulan-menanam-melon-yang-harus-anda-ketahui/

Kementerian Pertanian

Pikiran Rakyat

Leave a Reply

Your email address will not be published.