Keringat Pada Tanaman

Keringat Pada Tanaman ?? Emang Ada ??

Keringat pada tanaman ?? Hmm… Mungkin gak ya tanaman bisa berkeringat layaknya manusia ? Mungkin Sobat Biops disini sudah pernah mengamati atau melihat tanaman yang berkeringat dan mengeluarkan air dari daunnya. Kejadian tersebut dinamakan transpirasi yaitu tumbuhan yang secara alami mengalami kehilangan air melalui penguapan. Besarnya uap air yang ditranspirasikan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: faktor dari dalam tumbuhan (jumlah daun, luas daun dan jumlah stomata) dan faktor dari luar tumbuhan (suhu, cahaya, kelembaban dan angin).

Baca juga Yuk Intip 3 Usaha Meningkatkan Hasil Pertanian!

Apa Yang Dimaksud Dengan Transpirasi ?

Transpirasi dapat  diartikan sebagai proses kehilangan air dalam bentuk uap dari jaringan tumbuhan melalui stomata. Kehilangan air dari jaringan tanaman melalui bagian tanaman yang lain dapat saja terjadi, tetapi porsi air yang hilang sangat kecil dibandingkan air yang hilang melalui stomata (mulut daun). Kehilangan air tersebut menyebabkan munculnya keringat pada tanaman.

Bagaimana proses air menyelinap keluar dari tanaman?

Ketika cuaca panas, tubuh kita mungkin akan berkeringat. Ternyata keringat pada tanaman menunjukkan bahwa tanaman tersebut sedang mengalami transpirasi. Pada manusia keringat yang dikeluarkan melalui kulit sedangkan pada tanaman keringat yang dikeluarkan melalui daun. Terjadinya transpirasi karena tanaman perlu bernapas. Tanaman harus mengambil karbon dioksida dan untuk melakukan hal ini tanaman harus membuka stomata mereka. Membuka dan menutupnya stomata dipengaruhi oleh intensitas cahaya dan kelembaban sekitarnya. Semakin lebar stomata yang terbuka maka semakin banyak air yang hilang. Ketika ini terjadi, maka air keluar. Meskipun kejadian tersebut merupakan proses yang tak terlihat, hilangnya air dari tumbuhan melalui transpirasi adalah bagian penting dari siklus air karena menambah banyak air ke udara yang kita hirup.

Proses Transpirasi Terjadi Melalui Dua Tahap

  • Evaporasi

Evaporasi air dari dinding sel ke ruang antar sel yang ada dalam daun. Sel-sel yang menguapkan air ke rongga antar sel akan kekurangan air sehingga potensi air akan menurun. Pada tahap inilah air yang diserap oleh akar akan dibawa naik melalui pembuluh xylem sampai bagian daun.

  • Difusi

Difusi air dari ruang antar sel ke atmosfer melalui stomata, kutikula ataupun lentisel. Di samping mengeluarkan air dalam bentuk uap air, tumbuhan dapat pula mengeluarkan air dalam bentuk tetesan air yang prosesnya disebut gutasi dengan melalui alat yang disebut hidatoda, yaitu suatu lubang yang terdapat pada ujung urat daun yang sering kita jumpai pada spesies tertentu.

Manfaat Transpirasi Bagi Tanaman

Keringat pada tanaman atau proses transpirasi membantu tanaman mengatur suhu yang sesuai untuk daun. Transpirasi juga memainkan peran besar dalam membantu air bergerak di sekitar tanaman dengan mengubah tekanan air dalam sel tanaman. Hal tersebut dapat membantu mineral dan nutrisi bergerak naik tanaman akar. Selain itu juga transpirasi dapat mengurangi air yang terserap secara berlebih.

Menurutmu adakah tanaman yang tidak berkeringat ?


Penulis: Rina Rizki Amalia

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.