Air Pada Tanaman

Pengaruh Ketersediaan Air Pada Tanaman

Dampak Air Pada Tanaman

BANDUNG — Air pada tanaman sangat dibutuhkan untuk bertahan hidup, begitu pula dengan seluruh makhluk hidup di dunia. Namun, air juga bisa sangat membahayakan tanaman  loh. Kok bisa ? Yuk kita baca lebih lanjut artikel di bawah ini.

Air adalah hal utama penyusun sel tanaman, sebanyak 85-90% dari bobot segar sel-sel dan jaringan tanaman adalah air. Selain itu, air juga memiliki peran penting dalam menjaga suhu tanaman, melakukan proses fotosintesis dan respirasi, menjadi media untuk reaksi-reaksi biokimia serta penyerapan mineral dari dalam tanah. Hal ini menjadikan air komponen yang utama yang perlu diperhatikan pada budidaya pertanian.

Dalam proses budidaya, pengairan yang tepat harus dilakukan agar dapat menghasilkan hasil pertanian yang maksimal karena sebagaimana kita ketahui, air merupakan zat yang melarutkan dan mengangkut unsur hara dari dalam tanah ke akar tanaman.

baca juga : 3 Usaha Meningkatkan Hasil Pertanian

Untuk itu, penting sekali loh tanaman disiram air secara tepat dan berkala. Karena jika tidak, tanaman akan kekurangan air. Hal ini akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Bahkan dapat juga membuat tanaman mati. Namun, selain penting bagi tanaman, air juga bisa sangat berbahaya bagi tanaman loh ! Kok bisa ? 

Kelebihan Air Pada Tanaman ? Bahaya Gak, Sih ?

Pengaruh ketersediaan air pada tanaman dengan jumlah yang berlebih dapat sangat berbahaya bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Kalau sobat menyiram tanaman dengan berlebih, maka  tanaman akan sulit untuk melakukan pertukaran gas dan sulit menyerap nutrisi yang dibutuhkan tanaman sobat loh. Selain itu, kelebihan air juga dapat membuat tanaman lebih mudah terserang penyakit tanaman yang dapat merugikan pertumbuhan tanaman bahkan membuat tanaman mati. 

Dampak Kelebihan Air Pada Tanaman

  1. Tanah terlalu basah bila disentuh
  2. Daun menguning
  3. Batang lembut dan licin
  4. Daun memiliki tepi atau bintik coklat
  5. Tanaman diserang oleh hama

Untuk itu penting sekali memberikan air untuk tanaman yang sesuai dengan kebutuhan tanaman loh. Lalu bagaimana sih mengetahui tanaman sudah terpenuhi dengan air yang sesuai? Sobat dapat melakukan dengan cara yang mudah dengan metode feeling yaitu dengan cara menyentuh tanah tanaman. Apabila terasa kering, itu menandakan tanaman sobat kekurangan air dan membutuhkan air. Sebaliknya kalau tanah terlihat bergenang menandakan tanaman sobat kelebihan air dan harus dikurangi volume yang diberikan pada penyiraman selanjutnya.

Tetapi jika cara tersebut dirasa kurang akurat, ada loh teknologi pertanian yang dapat mengetahui kebutuhan air tanaman kamu. Apa tuh teknologi pertaniannya? Teknologi itu namanya ENCOMOTION yang merupakan teknologi pertanian irigasi pintar yang dapat mengetahui kebutuhan air pada tanaman dan melakukan irigasi secara otomatis. Dengan menggunakan sistem irigasi pintar ENCOMOTION sobat tidak perlu takut lupa untuk menyiram tanaman dan tidak perlu takut tanaman akan kekurangan atau kelebihan air.

Penulis : Rizki Wahshinta Kadi

Referensi :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.