SiJamoor pemantau lingkungan pintar

SiJamoor! Upaya sektor Pertanian Menghadapi Perubahan Iklim

SiJamoor dan Perubahan Iklim

SiJamoor dan perubahan iklim sangat berpengaruh terhadap keberhasilan petani mengelola lahannya. Pekerja petani juga kesulitan dalam hal proses persiapan hingga panen.

Perubahan pola curah hujan dan kenaikan suhu udara menyebabkan produksi pertanian menurun secara signifikan. Kejadian iklim ekstrim berupa banjir dan kekeringan menyebabkan tanaman yang mengalami puso semakin luas.

Dari beberapa masalah itu BIOPS Agrotekno mengembangkan inovasi pemantau pintar untuk kondisi lingkungan di lahan pertanian. Alat tersebut bernama SiJamoor (Si Jago Monitoring).

Terdapat 2 jenis Sijamoor untuk indoor (dalam ruangan) dan outdoor (luar ruangan).

 

  • Sijamoor Indoor

Sijamoor Indoor adalah pemantau pintar dalam ruangan seperti greenhouse, mampu memantau kondisi lingkungan di sekitar tanaman setiap waktu secara real-time, langsung melalui smartphone atau website dimanapun dan kapanpun.

Dengan SiJamoor, kita bisa mengambil tindakan yang lebih tepat terhadap kondisi tanaman yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan tanaman karena SiJamoor sudah menyajikan hasil analisisnya. Dengan jangkauan area lahan pertanian seluas 2000 m2 hingga 1 Ha, keren kan?

Sijamoor mendeteksi suhu lingkungan, kelembapan lingkungan, intensitas cahaya, memberi laporan kondisi lingkungan langsung ke dashboard pengguna, dan bisa juga mencatat data di SD Card saat tidak tersambung ke internet. Spesifikasi dari alat tersebut yaitu memiliki daya 10 watt, tegangan 5 VDC, dimensi (PLT): 250,8 x 161,49 x 240,5 mm, dan berat 650 gram. Harga alat tersebut mulai dari Rp. 350.000 (sewa per bulan) tergantung hasil survei lapangan.

 

  • Sijamoor Outdoor

Secara fungsi dan spesifikasi hampir sama dengan Sijamoor Indoor, hanya ada perbedaan analisa pada sistem dan ditambah dengan pendeteksi curah hujan dan kecepatan angin untuk mengetahui banyaknya air yang masuk ke tanah ketika hujan datang. Harganya mulai dari Rp. 440.000 (sewa per bulan) lho, tergantung hasil survei lapangan.

Beberapa catatan penting diantaranya lahan 1 Hektar datar cukup menggunakan 1 alat, terdapat juga garansi alat 8 bulan dan sudan termasuk PPn, dengan sistem pemesanan Pre-order. 

Baca juga: Pekerja Petani Berkurang

BIOPS Agrotekno terus menganalisa kebutuhan pertanian pada berbagai aspek sehingga bisa memberikan solusi yang tepat guna. Jadi, bagaimana menurut Sobat BIOPS? Apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk konsultasi gratis bersama kami!


Penulis: Faisal

Leave a Reply

Your email address will not be published.