Dijamin Mudah! Ini 5 Sayuran Cepat Panen Di Lahan Sempit

Dijamin Mudah! Ini 5 Sayuran Cepat Panen Di Lahan Sempit

Jenis sayuran yang cocok ditanam di lahan sempit.

BANDUNG—Biops Agrotekno. Sebelum mulai bercocok tanam, alangkah baiknya Sobat mengetahui jenis tanaman apa yang cocok untuk ditanam di lahan sempit. Karena, tidak semua jenis tanaman tumbuh di lahan sempit. Biasanya tanaman yang tumbuh di lahan sempit adalah sayuran dengan masa panen singkat. Berikut ini jenis sayuran yang bisa Sobat tanam!

1. Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran yang sangat kaya akan nutrisi. Sayuran ini bisa ditanam di lahan sempit. Bayam memiliki waktu yang relatif singkat untuk tumbuh dan dapat dipanen, yaitu sekitar 1-1,5 bulan. Karena proses penanaman dan pemeliharaan yang tidak terlalu sulit. Menanam bayam tidak perlu lahan yang luas. Dengan menggunakan polybag, bayam dapat ditanam.

2. Kangkung

Kangkung menjadi salah satu tanaman yang paling banyak ditanam. Hal tersebut karena, kangkung mudah ditanam dan cocok di berbagai musim. Usia panen kangkung tergolong cukup singkat yaitu sekitar 30-40 hari. Menanam kangkung dengan menggunakan ember, pot hingga polybag sepertinya menjadi cara yang banyak digunakan. Yang terpenting lahan yang digunakan harus terbebas dari hama dan penyakit.

3. Seledri

Seledri adalah jenis tanaman yang biasa tumbuh di musim semi dan gugur. Cara budidaya seledri ini terkenal mudah. Dari mulai proses penanaman, perawatan hingga proses panen yang mudah. Menanam seledri tak butuh lahan yang luas. Sobat bisa menanam seledri bahkan di pot kecil sekalipun.

4. Sawi

Sawi merupakan sayuran yang paling banyak ditanam. Karena, pertumbuhan  sawi relatif cepat juga memberikan keuntungan bagi petani. Perputaran modal cepat dan masa panennya hanya sampai satu bulan. Sayuran ini dapat ditanam di dataran tinggi dan dataran rendah. Cara penanaman dan pemeliharaan yang mudah dapat dilakukan pada pot atau polybag.

5. Cabai

Menanam cabai sebenarnya mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Tingginya permintaan cabai menjadi keuntungan tersendiri. Menanam cabai bisa dilakukan dengan mudah karena tanaman ini bisa tumbuh dan beradaptasi dengan lingkungan. Usia panen cabai yaitu 80-90 hari. Yang harus diperhatikan dalam budidaya cabai yaitu memilih bibit, persemaian, penanaman sampai panen. Untuk mengoptimalkan produksinya salah seorang petani di Cianjur bernama Pak Santos menggunakan Encomotion untuk membantu proses irigasi lebih efektif dan efisien.
Itulah jenis sayuran yang bisa Sobat tanam di lahan sempit. Dengan menggunakan lahan sempit untuk menanam. Secara tidak langsung ikut berpartisipasi menjalankan hidup sehat dan menjaga ketahanan pangan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!


Referensi :

Kumparan

Kompas

Kementan

Leave a Reply

Your email address will not be published.