Pupuk Subsidi Bermasalah! Bagaimana Alternatif yang Tepat?

Pupuk Subsidi Bermasalah! Bagaimana Alternatif yang Tepat?

Alternatif Pupuk Subsidi

Pupuk subsidi menjadi salah satu yang banyak diminati petani. Karena, selain harganya lebih murah, pupuk merupakan unsur penting untuk meningkatkan produktivitas. Namun, di awal tahun 2021 harga pupuk subsidi mengalami kenaikan. Kenaikan tersebut bertujuan untuk mengatasi kesenjangan antara harga pupuk subsidi dan nonsubsidi. Akan tetapi, hal ini banyak dikeluhkan oleh sebagian petani, terlebih bagi petani kecil. Untuk mengatasi hal tersebut, petani dapat menggunakan beberapa alternatif solusi pemupukan yang baik bagi pertanian.

1. Pupuk Hayati Untuk Petani

Pupuk hayati salah satu solusi mengurangi penggunaan pupuk kimia dan memiliki peran bagi pertumbuhan dan hasil tanaman. Pemanfaatan pupuk hayati menjadikan tanaman tumbuh lebih sehat, bebas hama penyakit, kebutuhan hara terpenuhi, daya hasil lebih tinggi, berkelanjutan, dan dapat mengurangi pupuk anorganik. Termasuk menyediakan unsur hara secara tidak langsung dengan memacu pertumbuhan tanaman dan melindungi tanaman.

2. Pemupukan Berimbang

Selain untuk keberlanjutan pertanian, pemupukan berimbang akan mengefisienkan penggunaan pupuk subsidi dan meningkatkan produktivitas lebih optimal.  Terdapat beberapa prinsip pada pemupukan berimbang, mulai dari tepat dosis, tepat waktu, tepat cara, dan tepat jenis. Hal tersebut dapat memberikan manfaat seperti meningkatkan produktivitas, meningkatkan efisiensi pemupukan, meningkatkan kesuburan tanah, menghindari pencemaran lingkungan yang bisa membuat petani untung.

3. Sistem Fertigasi

Pemberian unsur hara yang tidak seimbang dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman tidak optimal. Sejak persemaian kebutuhan tanaman terhadap unsur hara terus meningkat. Fertigasi adalah pengairan yang dilakukan bersama-sama dengan aplikasi pupuk. Seperti yang dilakukan oleh salah satu perusahaan bibit di Indonesia yang dibantu teknologi SiRamot (Siram Otomatis) sehingga irigasi dan pemupukan menjadi lebih efisien dan efektif. Dengan hal tersebut konsep smart farming menjadi bagian dari solusi pemupukan yang baik.

Bagaimana menurut Sobat BIOPS, adakah solusi yang lebih tepat pada masalah pupuk bersubsidi?. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami!


Referensi:

 

Litbang Pertanian

Tabloid Sinar Tani

Leave a Reply

Your email address will not be published.