Permodalan pertanian di Indonesia

Memprihatinkan! Inilah 5 permasalahan permodalan pertanian di Indonesia

Memprihatinkan! Ini 5 permasalahan permodalan pertanian

by: Faisal

Permodalan pertanian dalam bertani, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan seperti modal awal, saprotan (sarana produksi pertanian), teknik budidaya, dan juga pemasaran.

Permodalan sangat penting karena perannya dalam penyediaan lahan, biaya operasional untuk budidaya, distribusi komoditas pertanian, dan lain sebagainya. Namun, fakta di lapangan masih banyak petani yang kurang mendapatkan akses modal yang baik.

Menurut Slamet Edi Purnomo selaku Deputi Komisioner Pengawas Perbankan III Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebenarnya infrastruktur yang mendukung pertanian telah memadai, tapi kebijakan yang ada belum diterapkan dengan baik. Sebagai contoh, kehadiran Kredit Usaha Tani (KUT) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dirasa belum maksimal. Realisasi penyaluran KUR di sektor pertanian juga masih di bawah 7 persen.

Semua infrastruktur dalam mendukung pertanian cukup memadai, ada KUR, dan dari sisi asuransi juga. Kalau kita katakan pertanian risikonya paling tinggi sebetulnya sudah ada asuransi, termasuk padi bahkan sampai sapi. Yang sekarang tidak ada itu sebetulnya gerakannya yang kurang masif.

ujarnya di Focus Group Discussion bertajuk Strategi Permodalan yang Berkelanjutan dalam Pengembangan Agribisnis Padi, Senin (29/4/2019).

Secara umum, poin-poin permasalah permodalan pertanian mencakup:

  • Klaim KUR yang sulit karena prosesnya tidak sederhana
  • Perbankan tidak mau menyalurkan kredit karena tidak memiliki jaminan, penghasilan tetap, dan sertifikat kepemilikan tanah
  • Penyaluran bantuan ke kelompok tani yang tidak tepat
  • Permodalan dengan bunga yang dirasa masih cukup tinggi atau pembagian rasio hasil keuntungan yang kurang adil dengan investor
  • Kurangnya sosialisasi dan penerapan asuransi pada pertanian

BIOPS Agrotekno terus membantu memberikan solusi pertanian di Indonesia. Selain menghadirkan ENCOMOTION untuk membantu dalam proses bertani, BIOPS juga membantu para petani dengan mengembangkan model penerapan irigasi pintar tanpa modal, atau cara lainnya menyesuaikan kondisi di lapangan seperti apa. Ingin tahu lebih lengkap bagaimana menerapkannya di usaha tani anda? silakan hubungi kami.

Sumber: liputan 6

2 thoughts on “Memprihatinkan! Inilah 5 permasalahan permodalan pertanian di Indonesia

  1. Butuh bantuan traktor nya.untuk membajak,buat bedengan.untuk irigasi mungkin sangat cocok aliran selang irigasi buatan.saat ini tersedia di pasar.per bal 1000 meter. Mohon petunjuk nya pak

Leave a Reply

Your email address will not be published.